Izza Zukhrufia

Take Every Chance, Because We're Only Young Once

Basa-Basi Busuk

Hai! Sudah bulan April dan postingan terakhir adalah bulan Februari, geez aku melewatkan 1 bulan tanpa posting apapun. Memang sih kemarin resolusinya cuma ngeblog lebih sering, tapi waktu itu mikirnya ya paling enggak 1 postingan per bulan lah. Ahahaha. Okey cukuplah intro enggak pentingnya ~

Beberapa waktu yang lalu aku nemuin pembahasan yang menarik nih di IG stories. Awalnya sih baca dari IG storiesnya @amrazing, masih ada kok dia simpen di highlight-nya. Gegara pembahasannya @amrazing, dibahas juga di IGnya @jennyjusuf dan @catwomanizer (ada di sini dengan judul Basa-Basi Busuk–iye judul postingan ini terinspirasi kak Andrea wakakak)

Jadi cerita awalnya Koh Alex (anjay sok kenal banget gw manggilnya hahahaha) posting video kan di stories, terus ada follower yang komen “Koh kok kurusan?” kurang lebih kaya gitu (gw lupa kalimat tepatnya gimana), yang mana komen tersebut dia skrinsot dan dia post tuh di stories-nya, dengan caption yang intinya “Ngapain sih komenin masalah fisik orang lain?”

Terus jadi banyak deh followers dia yang balesin stories tersebut, banyak yang bilang kalo mereka juga ga suka banget dikomenin masalah fisik. Ga cuma yang gendut aja loh, yang kurus pun ternyata tersinggung kalo misal ada yang basa-basi ato komen “Kok kurusan?” “Kok kurus banget sekarang?” Selain masalah fisik, akhirnya pembasahannya jadi merembet ke pertanyaan basa-basi tidak menyenangkan lainnya semacam “Kapan nikah?” “Kok belum hamil?”

Btw, waktu baca skrinsot yang isinya DM-DM dari followers-nya Koh Alex tuh aku sempet tertegun loh. Alhamdulillah sih aku ada di lingkungan yang ga suka kepo/komen gituan, tapi ya pasti adalah sekali dua kali beberapa kali gitu yang nanya “Opek gendutan?!” AHAHAHAHA. Dan aku tuh ga pernah tersinggung kalo ditanyain kaya gitu, ya gimana yak di Bandung kerjaannya makan melulu #basrengandseblakislyfe #foodislyfe jadi kupikir ya orang lain tuh juga biasa aja kalo misal ditanyain atau dikomentarin kayak gitu…. maksudnya ya nggak sampe diambil hati gitu. Aku jadi tersadar kalo topik-topik kaya tadi tuh sebetulnya sensitif banget, ada yang bisa sampe insecure dan stress gara-gara dikomentarin fisiknya. Dan ternyata ya itu tadi, yang kurus pun juga ga suka kalo dikomenin kaya gitu. Sebagai orang yang nggak pernah ngerasain kurus (WKWKWKW) ku pikir orang tuh malah bakalan seneng gitu nggak sih kalo dibilang kurus?! Tapi setelah aku inget-inget ternyata in real life pun aku ketemu juga sama cewek-cewek yang kurus dan mereka juga ngerasa kurang pede atau kurang nyaman karena merasa nggak ada ‘isi’nya (you know what I mean right).

Selain komentar soal fisik, banyak juga yang nge-DM tentang pertanyaan “Kapan nikah?” ahahaha. Gw juga nggak cuma sekali dua kali ditanyain kaya gini, apalagi kemarin tuh pas temen-temen 2011 lagi beruntun-beruntunnya nikah semua. Tapi ya lagi-lagi aku nggak tersinggung sama sekali, nggak ngerasa diburu-buru juga. Aku jawab aja “Nanti lah, belum pengen” ya karena emang faktanya seperti itu. Tapiiiiiiii buat sebagian orang, terutama yang usianya udah lebih tua dari angkatanku kali ya, pertanyaan kayak gitu mungkin udah sering banget mereka denger sampe bosen kali ya…….

Terus setelah kupikir-pikir juga, bisa aja pertanyaan itu muncul di saat yang gak tepat. Misalnya, ada yang nanya gendutan ya padahal orang itu lagi diet mati-matian dan bahkan udah turun beberapa kilo. Atau sebaliknya, ada yang nanya kok kurusan padahal dia udah usahan makan banyak dan minum susu biar lebih berisi. Kalo yang kaya gitu emang nyakitin sih…. apalagi kalo yang komentar tuh orang yang jarang ketemu, yang nggak tau kehidupan yang ditanya on daily basis. Kayak “Hellawwwwww, gue tuh lagi berusaha diet/nambah berat badan, gue juga tau njir kalo gue gendutan/kurusan” ya gak sih? Apalagi kalo masalah nikah dan hamil. Soalnya itu kan ada faktor X-nya ya, alias ada faktor Tuhan. Ya gue juga pengen nikah tapi kalo emang belom dipertemukan ama jodohnya kumaha? Ya gue juga pengen punya anak kali, tapi kalo emang belum dikasih amanah merawat seorang anak kumaha?

Sejujurnya akupun pernah ato beberapa kali nanyain/komen kaya di atas, terutama ke temen yang deket sih, tapi ya bisa aja kan sebenernya dalam hati mereka tuh juga gak nyaman diomongin kaya gitu. Storiesnya lumayan membuka mata sih…. jadi sadar daripada mulutnya dipake buat komenin hal sensitif dan bikin orang lain gak nyaman/sedih/sakit hati/tersinggung, lebih baik diem deh :) Jadilah kayak Rasulullah SAW yang bikin hati adem #hazegggg

Ya boleh sih komenin orang, but keep it for yourself #eh

Advertisements

Daily Makeup Routine

Haloooooo. Secara aku adalah orang yang picky abis sebelum beli suatu makeup/skincare, aku selalu cari review dari suatu produk terlebih dulu sebelum beli. Cumaaaaaaa…. akhir-akhir ini the so called beauty influencer slash makeup junkie slash beauty enthusiast slash whatever you name it, lebih banyak yang bikin review produk di Youtube, yang mana aku kurang suka. Aku lebih suka baca review dari blog (thanks, Female Daily!) tapi sekarang sulit banget nemuin orang yang masi ngeblog huhuhu… so I find it very helpful kalo ada orang biasa kaya aku gini yang nulisin review dari produk yang dia pake dari blog. Kenapa sih aku lebih suka baca blog? Abisnya kalo Youtube ato video itu kadang-kadang suka kebanyakan unnecessary details I dont want to hear/watch… (except kak Suhay’s videos!!!!) dan sulit kan nyekipnya? Kalo blog mah gampang, tinggal scroll aja bagian yang ga pengen kamu baca. Selain itu, browsing blog lebih irit kuota ahahahaha….

Me myself ain’t beauty influencer either, tapi disini aku pengen sharing aja karenaaa siapa tau banyak orang di luar sana yang juga sepemikiran sama aku, siapa tau banyak orang yang akan menemukan tulisanku and I hope this mini review can help them!

1. MOISTURIZER

Aku pake aloe vera dari Nature Republic buat pelembab sehari-hari. Udah pada tau lah yaaaa, produk ini kan sempet nge-hype banget beberapa waktu yang lalu. Tapi sayangnya di aku aloe vera ini ga ada pengaruhnya apapun. Orang-orang bilang bisa ngilangin bruntusan, ngempesin jerawat, bikin kulit lebih sehat, aselik di aku gada efek apapun selain melembabkan 😂 Tapi nih ya kata salah seorang skin care blogger yang aku follow di IG, namanya kak Fika, IGnya @mrsdelonikacom dan blognya mrsdelonika.com, dia pernah bikin polling tentang aloe vera dari NatRep ini. Dan ternyata emang banyak juga dari followers dia yang bilang kalo produk ini tuh ga ada efek apa-apa di mereka… hahaha. Beberapa merekomendasikan aloe veranya The Saem, tapi aku mau nunggu yang NatRep ini abis dulu baru beli The Saem.

aloealoe2

 

2. SUNBLOCK

Aku pake Biore UV Aqua Rich, produk yang sempet nge-hype jugaa karena orang-orang bilang enak. Semakin tertarik waktu temenku Joan main ke Bandung dan dia pake si Biore ini. Cuma sayangnya harganya lumayan mahal :( Aku beli di shopee, waktu itu rata-rata orang jual antara 90-120an ribu, padahal isinya cuma 50 ml :(( Tapi emang enak sih karena sunblock ini lightweight banget! Jadi ga berasa pake sunblock. Terus SPFnya 50.. Ohya aku dapet info kalo si Biore ini kandungan alkoholnya banyak, jadi kalo kulitnya acne prone atau sensitif bisa bikin jerawatan.

biore

3. PRIMER

I don’t wear primer because that would be too much for daily makeup don’t you think? 😂

4. COMPLEXION (FOUNDIE/BB CREAM)

You might think wearing foundation for daily makeup is too much, but if you find the right product, nothing is too much! Meet my magic ball, Lakme Absolute Mattreal Mousse Foundation ❤ Perjalanan pencarian complexion gw berakhir disini #tsaaahhh Waktu itu lagi nyari foundie yg enteng dan baca review ini banyak yang bilang bagus, akhirnya beli deh. Dan ternyata emang bagus banget!! Karena formulanya yang berbentuk mousse, foundie ini emang super ringan banget! Ga berasa pake foundation deh! Terus buat daily sih coveragenya udah lebih dari cukup. Bekas jerawat tersamarkan tapi ga sampe yang ilang banget sih emang. Terus cara pakenya juga cukup pake tangan, ga perlu repot pake beauty blender ato brush. Daaaaann sangat mattfying!!! Beda banget jumlah minyak kalo pas pake ini dan pas ga pake. Siang2an bisa lah kalo cuma di touch up pake bedak… Aku pernah malah waktu itu touch up pake foundie ini lagi terus hasilnya kurang mulus, kaya tepung dicampur adonan gitu jadi masi ada printil2nya (kebayang ga?? Hahahaha). Buat yang pengen foundation yang ringan dan hasil akhirnya matte ini bisa banget jadi pilihan. Tapi harganya emang mahal :( Harga aseli 270ribu, waktu itu aku beli pas ada diskon Harbolnas jadi 170ribu sajaaaa… Aku pake shade Rose Ivory.

Lakme-Absolute-Mattreal-Skin-Natural-Mousse-Beige-Honey (1)

5. SETTING POWDER

Secara menurut W bedak mah bisa pake apa aja… W pake Make Over Translucent Powder shade Porcelain. Bedak ini biasa aja sih, ga mattifying kalo misal pake tanpa foundation/bb cream. Jadi siang-siang pasti uda berminyak lagi mukanya. Terus klaimnya sih bedaknya transparan, tapi kalo pas lagi males pake foundie/bb cream, bedak ini lumayan ngasi warna ke kulit kok jadi sebenernya menurutku ga transparan2 amat. W belum merasa kalo bedak itu penting-penting amat, biasanya juga pake Mercks beli di indomaret harganya 13rebu 😂 Ohya Make Over ini aku lupa harganya berapa, kalo ga salah 90rb an da. Tapi enaknya gampang nyari produknya.

make-over-silky-smooth-translucent-powder-02-rosy-8263-76768061-60ecc2dc5fb3fb4deb817fa003c67fdb-zoom

6. BLUSH ON

Gua kadang pake kadang ngga sih, kadang kalo foundation ketebelan suka pake biar wajah tuh gak cuma putih doang gitu. Harusnya emang pake bronzer tapi berhubung ga punya…. ya pake blush on aja. Aku pake Mizzu Blush Me Up shade Coral Flush. Warnanya peach gituuu tsakeeeeppp!! Bikin wajah keliatan seger. Terus selama wajah ga kena air sih dia tahan-tahan aja di muka, awet gitu. Terus dia juga ga ada glitter2nya jadi ga lebay lah kalo buat sehari-hari. Harganya sekitar 55-65 ribu kalo ga salah.

mizzu

7. EYESHADOW

Skip. Biasanya pake eyeshadow kalo pas nge-date doang itupun ga setiap saat. Btw W punya rekomendasi eyeshadow!!! Tapi mager sik ngetik sekarang HAHAHAHAH.

8. EYELINER

I usually skip this part. Mager aja ga si pake eyeliner…. Dan belon nemu yang bener-bener waterproof jadi tiap dipake wudhu ilang udah gitu suka bikin ada panda eyes (?). Daripada jadi jelek yekan.

9. EYEBROW

Setelah berbula-bulan belajar makeup, cuma bikin alis yang aku belum bisa! Pake eyeliner udah bisa, pake maskara udah ngerti harus cari yang gimana, pake eyeshadow udah mulai bisa dikit2, udah ngerti urut-urutan pake makeup. Tapi bikin alis? BIG NO. Kenapa yak? Wkwkwkwk. Meskipun sebenernya temen-temen dan juga keluarga bilang kalo sebetulnya alisku sudah cukup tebel. Aku juga ngerasa gitu sih, tapi aku lebih suka kalo alisku lebih berisi gitu. Cuma sampe detik ini belon bisa sih… ahahaha. Tapi sehari-hari aku tetep pake kok. Aku pake pensil alis dari Etude House yang Drawing Eyebrow yang di bawahnya ada sikatnya. Aku suka sih, sebab dia tuh pensil alis yang diputer gitu jadi gak usah repot-repot ngongoti (((ngongoti))) pensilnya, pensilnya bentuknya miring, sikatnya empuk dan bisa dipake. Enakeun deh! Aku beli ini bareng-bareng ama temen2 iship dikirim ke RS gitu hahahah.

DrawingEyebrowEtude_1_scaled

 10. MASCARA

I also usually skip this part but sometimes when I feel like it, I wear Maybelline The Falsies Push Up Angel. Buat orang-orang dengan problem bulu mata sepertiku yaitu bulu mata pendek banget nyaris ga ada dan tipis, this shit is a holy grail! Bikin bulmat panjang dan lebih tebel deh. But if you are genetically blessed with long and thick eyelash (God bless you), mungkin cocoknya pake yang melentikkan aja.

Maybelline_The_Falsies_Push_Up_Angel_L_1

11. LIPSTICK

Kalo ini mah susah yak, karena menyesuaikan dengan mood dan warna baju wkwkwk. But my current go-to lipstick and also my holy grail : Maybelline Powder Mattes shade Touch of Nude. This shade never goes wrong for me!! The perfect shade for everyday wear, every occasion and every outfit color. And this is special because Manda and Titin bought me this as birthday gift! ❤ Dan si powder mattes ini sesuai klaimnya, sangat-sangat lightweight bahkan ketika kamu pake puluhan layer. Ciyussss. Warna ini pas di aku, ga terlalu nude dan ga terlalu pink. Tapi kalo aku lagi pengen warna yang lebih nude, pilihanku adalah Pixy Lip Cream shade Sweet Choco. Ga ngira kalo lipcream murah gini uenak banget dipakenya, warnanya cakep lagi. Kalo lagi pengen pake yang bold pilihanku akhir-akhir ini adalah Make Over Creamy Lust Lipstick shade Raisin Plum. This shade is outside my comfort zone but since I am getting bored with nude lipstick… why not? Aku lagi pengen lipstick yang warnanya true red gitu, tapi besok lah kalo ada lipstick yang abis wkwkwkwk.

PixyLipCreamSweetChoco10_1_scaledjpg_scaled03-RAISIN-PLUM

Blessings in Disguise.

Hai. Kalo sekarang nginget-inget hari pertama pembekalan internship… wahahaha, cuma bisa ngekek-ngekek, emang lah Allah itu adalah sutradara dan penulis skenario terbaik.

Kebetulan 1 kelompok internshipku ini jumlahnya ganjil yaitu 19 orang. Kalo dibagi jadi 3 kelompok, otomatis jadinya bakalan 6-6-7 kan…. Nah pas pembekalan itu salah satu yang paling bikin deg-degan adalah nungguin pembagian kelompok. Penasaran sekelompok sama siapa aja dan dapet rotasi apa pertamanya.

Throwback waktu pembagian kelompok, aku ada di kelompok poli & rawat inap, isinya 6 orang. Dari 6 orang ini, cowoknya cuma 1 biji gengs :)) sisanya cewek semua. 2 orang temenku dari Maranatha, 2 orang dari Unisba dan 1 orang dari Unpad. USA (Urang Sunda Asli) semua. Sempet ada rasa insecure… anjer ini kenapa yang dari Marnat berdua, yang dari Unisba berdua. Sesama single fighter dari Unpad cowok. Ntar kalo gue ga punya temen gimana :( Aselik sempet kepikiran kaya gitu. Ya secara di internship ini ga punya temen 1 almamater dan bukan orang Bandung, wajar dong punya kekhawatiran kaya gitu. Selain itu, kalo rotasi awalnya adalah poli & rawat inap, urutan setelahnya adalah puskesmas baru kemudian IGD di akhir. Antara seneng dan sedih gitu lho, ngebayangin langsung jaga IGD emang serem, tapi ngebayangin jaga IGD di akhir juga ga kalah serem :(( Di saat temen-temen yang lain udah pada santai-santai, sini masih harus jaga malem huhuhu.

Udah gitu, yang bikin makin keki adalah, kelompok sebelah yaitu kelompoknya anak-anak IGD tuh kebagian yang ber-7, dan kalian harus tau dari 7 orang itu cowoknya ada 4!! Padahal total cowok di kelompok kami cuma ada 6. Ini bahkan 2/3 nya ada di 1 kelompok :)) Waktu itu mikirnya “Gils, enak banget ini kelompok IGD, udah orangnya banyak, cowoknya juga banyak. Jadwal jaganya bisa enak banget tuh.” Mana kalo rotasi awalnya IGD, urutannya setelah itu adalah poli & rawat inap, terus puskesmas. Enak banget kan kaya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Jujur sejujur-jujurnya, sempet ada pemikiran “Kok aku nggak di kelompok IGD aja ya..

Pemikiran itu cuma bisa aku ketawain sekarang :))))))

Kenapa?

Yang pertama, karena poli & rawat inap yang seharusnya cukup santai, ternyata tidak sesantai itu. Ada banyak adaptasi dan juga selisih pendapat, terutama karena memang rotasi poli bersinggungan dengan DPJP yang berbagai jenis orangnya. Jadi ya bersyukur, rotasi yang lumayan drama ini sudah terlewati di awal DENGAN SELAMAT.

Yang kedua, karena ternyata kelompok IGD ini lumayan banyak konflik internalnya dan lumayan panas juga gejolak di dalam kelompoknya. Males banget kan kalo harus bekerja dalam 1 tim selama 1 tahun bersama orang-orang yang nggak cocok dengan dirimu.

Yang ketiga, pasti bakalan muak banget kalo melewatkan 8 bulan berturur-turut di lingkungan RS terus. Jadi bersyukur karena kelompokku ada break sebentar dari suasana RS, paling nggak ada istirahatnya 4 bulan nggak jaga malem. Ehehehehe.

Aseli, nulis ini sambil takjub sama betapa hebatnya rencana Allah. Aku yakin sih anak IGD dengan segala konfliknya juga pasti ada hikmahnya… cuma ya aku bersyukur banget dengan temen-temen kelompokku yang sekarang dan rotasi yang aku jalani. 2 hal yang dulu aku pikir bakalan goes wrong… Heheheh.

GOD

2017

Today is 29th of December and I can’t believe 2017 is approaching its end very fast. I could not help but thinking “What have I done in the past year? What have I accomplished? Have I become a better version of myself?”

To be honest, I don’t feel like I’ve become a better person than I’ve been before. And that’s actually pretty…. sad pathetic, don’t you think?

Bu to answer that questions I’ve been asking myself objectively, let’s take a look back to the very first start of 2017.

In January, I just finished my clinical rotation ON TIME. You know.. my clinical rotation wasn’t that smooth, just like every other road it had its bumps, ups and downs. I failed my Internal Medicine examination TWICE (hahaha ketawain aja lah ini), but praise Allah that I’ve managed to FINALLY passed the examination even though it took me a very long time. I didn’t do my best on my last rotation which was Ophthalmology, but again praise Allah (cause what are we without Him, right?!), I got help from people thus my score was not THAT bad. Now that I remembered it, maybe I should feel a slight proud cause… clinical rotation was not easy. I know that MOST of my friends are those super crazy-smart-intelligent-diligent-anything-nice-you-name-it people. So it wasn’t a surprise when ALMOST everybody survived the clinical rotation and even passed it with excellency. But still….. the fact is not everyone survived, and I know my skills and my capabilities and now I think it’s not wrong to give myself a little credit for surviving through medical school.

In February, well…. I didn’t do much except focusing for the national board examination. Those days were hard indeed. At the morning I went to campus for additional lectures, then straight after that I would be at the so called bimbel, an additional lectures outside the campus.  Those days before the examination day were way scarier than I thought it would be. I experienced a pretty bad insomnia back then, and I thought that was because I was so freaking nervous and anxious about the exam. I mean, what if I didn’t make it? What if I failed? Those were the days when I felt like the world is on my shoulder, and I’m really afraid that I’m gonna let my parents down (OMG even writing and remembering this sends me a chill through my spine. UKMPPD should be listed as a traumatic experience indeed).

In March, I didn’t have the chance to write about it here in my blog BUT YEAY I PASSED THE NATIONAL BOARD EXAMINATION! It was (not so) early in the morning, when I woke up to hundred messages in LINE App mostly from my fellow friends who fought together, saying congratulations to each other. I could remember how fast my heart beating when I opened those messages, how my hands were almost shaking when I made sure my name was on the list. I cried when I ran out of my room to the dining room where Mom was making breakfast. I hugged her and cried and relieved that FINALLYYYYYYYYYYYYYYY the title “dr” is now in front of my name :”)

The days after announcement of the result of national board examination were pure joy. I think those were the days after SIX FREAKING YEARS I did not have to worry about what happens next (I did worry about my internship program but at that time I thought it was still loooooong way to go ahaahaha)

I went to visit Tika in Pekalongan with Ucik, tried the famous Sego Megono original from Pekalongan and went shopping for Batik Pekalongan. We even made our way to Kebun Teh Pagilaran that located in Batang. That was such a fun trip, thank you Tika and family for the warm hospitality!

I went to Bandung to visit Zaky after the announcement, ’cause that guy’s been protesting about me never visiting him–not even once–during our long distance relationship AHAHA. I took the train to Bandung-Jogja all alone. Some people might not like it but you know… traveling alone has its own perks. My trip to Bandung and back to Jogja was a perfect timing for contemplating what I’ve done till mid 2017, and it gave me fresh perspective, made me realize that there were SO MUCH THINGS TO BE GRATEFUL ABOUT. And I thought the trip also refreshed my relationship with him cause that was the first time we had a date outside Jogja. I mean, visiting new places is always fun, rightttt?

In the end of April was Zaky’s turn to back to Jogja to witnessed my Hippocratic Oath slash Graduation Day. We were afraid that he might couldn’t make it ’cause it was near his final exam. But thanks goodness he made it! :D

There weren’t much happened in mid-2017, except for the fact that I did not have to worry about where and how I spent my Ramadhan and Eid al-Fitr. I did apply to an English class though, it was a conversation class, made myself a group of new friends there, said yes to an offer to accompany a bunch of kids from Sekolah Cikal that went to Jogja for a study trip, and assisting one of my lecturer from Family Medicine. Now I kinda regret why didn’t I get involved in more activities? I mean now I’m stuck here hahahahah -_- OH! I did watch a Korean drama for the first time though!! :)))))) It was Goblin, well because its popularity is just unimaginable :)) (and still love the drama until today :p).

In late 2017, I was haunted by a question.

Mau intership dimana?

At first I actually was not so sure. What do I really want? Do I really wanted to be away from my family and friends? From Zaky? Do I really wanted to work in such an isolated island? There are several things that changed my mind.. even though at that time I still wasn’t sure about my choice. There were multiple times when I told myself “What if I just waited until November and stayed in Jogja?” But then there were also a lot of times when I had my doubts and second thoughts… and eventually at the end of the day I just prayed to Allah….

Ya Allah, tempatkanlah aku di tempat yang Engku ridhoi, di tempat yang menurutMu terbaik untukku karena sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak. Tempatkanlah aku di tempat yang kondusif untukku belajar, yang akan membuatku menjadi pribadi dan juga dokter yang lebih baik lagi. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

And taraaaaaa! Here I am now, living in this big city for almost 4 month now. Liked it or not, I believe that Allah is The Greatest, The Best of The Best director and now that He puts me here, I know He puts me for the best reason :)

And I’m actually really really grateful that I decided to move out of my beloved hometown. This is my very first time trying to live by myself away from my parents, this is me trying to learn how to become responsible for myself. And living alone has become a fun and great experience so far :D It’s really up to you what you wanna do with your life, ’cause no one is going to remind you except yourself. So if something goes wrong…. well you’ve got to fix it by yourself too. I think this is a very valuable experience cause eventually I’m going to move out from my home as well, build my own family. You know I’ve never been away from my parents for a long time. Spending almost two months alone in Netherlands and Croatia certainly didn’t count!

As for my internship program, well I like it here. Being the only UGM doctor and an outsider honestly felt pretty…. scary at first. But!! It surely has its own perks ;) People at the hospital easily recognizes me “Oh dokter yang dari UGM ya?” or “Ooo dokter yang asli Jogja?”. Even the parking attendants do not have to ask which my motorcycle is cause they know already. “Yang platnya AB kan dok?” HAHAHAHA (yaiyalah, kayanya gue adalah satu-satunya pegawai yang platnya AB di RS). I get used to people called me “medhok” or “Jawa banget” especially at the beginning (padahal mereka tuh juga kalo ngomong Sunda, Sunda medhok! :)))) I met a group of stranger that feels like family now. My new friends are very nice and it is just so refreshing to learn something new from them. Jogja is so small where everyone knows everyone and meeting new faces has been really exciting! I can tell them the story about Jogjakarta, about how the city shape is square so it’s very easy to tell which way is north, west etc (they always complain whenever I start using north/east/west/south during conversation HAHAHA), about the delicious and OF COURSE very cheap food they can easily find, and a lot more other stories. I also learned a bit Sundanese language from them, learned about clinical rotation system in another uni, and many many more. I’ve got to explore this city, and even though Bandung has not quite catch my heart like Jogja did, but I like the fact that the weather can reach 19 Celsius degrees at night! (Makanya kemarin pulang ke Jogja rasanya sumuk pooolllllll).

Looking back to 2017, well I’ve actually accomplished something.

    • Surviving six freaking years of medical school (thanks God I did not drop it out)
    • Officially being a doctor
    • Moving out of my comfort zone

Turns out 2017 is not that bad. And I know that I still have a lot to learn, because this is just the beginning.

2018 resolution? Never stop trying to be better each and every day :)

HAPPY NEW YEAR GUYS!!!!!

happy-new-year-2018-greetings
(Pic credit to https://dontgetserious.com/happy-new-year-2018/)

P.S : I know I said “today is 29th December” but I published it on Dec 30th HEHEHE
P.S.S : Told myself to blog more since DECADES AGO yet I guess I’m just too lazy. Hopefully can make it happen next year!

Back then before the day of pemilihan wahana, there were multiple times when I had second thoughts,

“What if I just waited until November and stayed in Jogja? It’s way easier. No need to move out, with all the comfort Jogja offers.”

Well comfort zone is comfort but outside the comfort zone is where the magic happens! I am grateful that I decided to move out. Got myself a bunch of new friends, new language to learn and new cultures to experience. Woohhooww!! ✨✨✨