Basa-Basi Busuk

by Ora Serrata

Hai! Sudah bulan April dan postingan terakhir adalah bulan Februari, geez aku melewatkan 1 bulan tanpa posting apapun. Memang sih kemarin resolusinya cuma ngeblog lebih sering, tapi waktu itu mikirnya ya paling enggak 1 postingan per bulan lah. Ahahaha. Okey cukuplah intro enggak pentingnya ~

Beberapa waktu yang lalu aku nemuin pembahasan yang menarik nih di IG stories. Awalnya sih baca dari IG storiesnya @amrazing, masih ada kok dia simpen di highlight-nya. Gegara pembahasannya @amrazing, dibahas juga di IGnya @jennyjusuf dan @catwomanizer (ada di sini dengan judul Basa-Basi Busuk–iye judul postingan ini terinspirasi kak Andrea wakakak)

Jadi cerita awalnya Koh Alex (anjay sok kenal banget gw manggilnya hahahaha) posting video kan di stories, terus ada follower yang komen “Koh kok kurusan?” kurang lebih kaya gitu (gw lupa kalimat tepatnya gimana), yang mana komen tersebut dia skrinsot dan dia post tuh di stories-nya, dengan caption yang intinya “Ngapain sih komenin masalah fisik orang lain?”

Terus jadi banyak deh followers dia yang balesin stories tersebut, banyak yang bilang kalo mereka juga ga suka banget dikomenin masalah fisik. Ga cuma yang gendut aja loh, yang kurus pun ternyata tersinggung kalo misal ada yang basa-basi ato komen “Kok kurusan?” “Kok kurus banget sekarang?” Selain masalah fisik, akhirnya pembasahannya jadi merembet ke pertanyaan basa-basi tidak menyenangkan lainnya semacam “Kapan nikah?” “Kok belum hamil?”

Btw, waktu baca skrinsot yang isinya DM-DM dari followers-nya Koh Alex tuh aku sempet tertegun loh. Alhamdulillah sih aku ada di lingkungan yang ga suka kepo/komen gituan, tapi ya pasti adalah sekali dua kali beberapa kali gitu yang nanya “Opek gendutan?!” AHAHAHAHA. Dan aku tuh ga pernah tersinggung kalo ditanyain kaya gitu, ya gimana yak di Bandung kerjaannya makan melulu #basrengandseblakislyfe #foodislyfe jadi kupikir ya orang lain tuh juga biasa aja kalo misal ditanyain atau dikomentarin kayak gitu…. maksudnya ya nggak sampe diambil hati gitu. Aku jadi tersadar kalo topik-topik kaya tadi tuh sebetulnya sensitif banget, ada yang bisa sampe insecure dan stress gara-gara dikomentarin fisiknya. Dan ternyata ya itu tadi, yang kurus pun juga ga suka kalo dikomenin kaya gitu. Sebagai orang yang nggak pernah ngerasain kurus (WKWKWKW) ku pikir orang tuh malah bakalan seneng gitu nggak sih kalo dibilang kurus?! Tapi setelah aku inget-inget ternyata in real life pun aku ketemu juga sama cewek-cewek yang kurus dan mereka juga ngerasa kurang pede atau kurang nyaman karena merasa nggak ada ‘isi’nya (you know what I mean right).

Selain komentar soal fisik, banyak juga yang nge-DM tentang pertanyaan “Kapan nikah?” ahahaha. Gw juga nggak cuma sekali dua kali ditanyain kaya gini, apalagi kemarin tuh pas temen-temen 2011 lagi beruntun-beruntunnya nikah semua. Tapi ya lagi-lagi aku nggak tersinggung sama sekali, nggak ngerasa diburu-buru juga. Aku jawab aja “Nanti lah, belum pengen” ya karena emang faktanya seperti itu. Tapiiiiiiii buat sebagian orang, terutama yang usianya udah lebih tua dari angkatanku kali ya, pertanyaan kayak gitu mungkin udah sering banget mereka denger sampe bosen kali ya…….

Terus setelah kupikir-pikir juga, bisa aja pertanyaan itu muncul di saat yang gak tepat. Misalnya, ada yang nanya gendutan ya padahal orang itu lagi diet mati-matian dan bahkan udah turun beberapa kilo. Atau sebaliknya, ada yang nanya kok kurusan padahal dia udah usahan makan banyak dan minum susu biar lebih berisi. Kalo yang kaya gitu emang nyakitin sih…. apalagi kalo yang komentar tuh orang yang jarang ketemu, yang nggak tau kehidupan yang ditanya on daily basis. Kayak “Hellawwwwww, gue tuh lagi berusaha diet/nambah berat badan, gue juga tau njir kalo gue gendutan/kurusan” ya gak sih? Apalagi kalo masalah nikah dan hamil. Soalnya itu kan ada faktor X-nya ya, alias ada faktor Tuhan. Ya gue juga pengen nikah tapi kalo emang belom dipertemukan ama jodohnya kumaha? Ya gue juga pengen punya anak kali, tapi kalo emang belum dikasih amanah merawat seorang anak kumaha?

Sejujurnya akupun pernah ato beberapa kali nanyain/komen kaya di atas, terutama ke temen yang deket sih, tapi ya bisa aja kan sebenernya dalam hati mereka tuh juga gak nyaman diomongin kaya gitu. Storiesnya lumayan membuka mata sih…. jadi sadar daripada mulutnya dipake buat komenin hal sensitif dan bikin orang lain gak nyaman/sedih/sakit hati/tersinggung, lebih baik diem deh :) Jadilah kayak Rasulullah SAW yang bikin hati adem #hazegggg

Ya boleh sih komenin orang, but keep it for yourself #eh