2014

by Ofi Zukhrufia

Seingetku selama 5 tahun ngeblog, setiap akhir tahun selalu bikin postingan tentang perjalanan selama satu tahun.
(Btw, aku udah ngeblog selama 5 tahun aja. Lama banget yak. Inget banget deh dulu bikin blog karena galau, meskipun sampe sekarang juga masih menjadikan blog sebagai tempat ngegalau sih -_-)
Karena itu, 2014 juga harus bikin doooong. Meskipun bikinnya pas udah 2015 hahaha.

Sebenernya aku bukan tipe orang yang bikin resolusi tahun baru.
Ya pernah sih bikin, cuma berhubung kebanyakan gagalnya daripada berhasilnya, akhirnya nggak pernah bikin lagi -_-
Tapi di awal tahun 2014 yang lalu, ada 3 hal yang emang udah aku targetin buat satu tahun ke depan.

1. Tahun keempat
Aku nargetin buat dapet IP sempurna di tahun keempat kuliah.
Target yang aku belum tahu hasilnya gimana gara-gara nilai 4.2 sama 4.3 belom keluar sampe sekarang -_-
Meskipun dari nilai ujian dan perkiraanku, 4.2 kayaknya nggak bakal sesuai target (Zedd bilang nyaris 100% perkiraanku salah, semoga yang ini juga huahahaha), tapi ya secara 4.2 nggak bisa dimakeup juga, dengan sistem penilaian yang cuma Allah dan Prof C yang tahu, yoweslah yaa.
Berharap yang terbaik aja sampe besok yudisium ._.

2. Exchange
Gak nargetin apa-apa sebenernya, cuma narget jadi berangkat aja ._.
Ada beberapa detail yang akhirnya nggak berjalan sesuai rencana sih, tapi ya udah deh.
Udah lewat juga, nggak perlu disesali.
Dan exchange jadi kenangan yang paling menyenangkan sepanjang tahun ini ulala :3

3. Skripsi
Nargetin pendadaran di tahun 2014 dan Alhamdulillah tercapai.
Target itu bisa tercapai karena…. bener-bener thanks to Zedd deh.
Dia adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam pengerjaan skripsi ini hahaha.
Aku yakin dia nggak sadar, yaudah cukup aku aja yang tau apa hubungannya doi dan skripsi hehe.
Meskipun gitu, skripsi ini nggak akan selesai kalo nggak karena izin Allah dan bantuan semua orang-orang terdekatku. Beneran.
Mungkin harusnya di bagian penyusun itu ditulis juga nama-nama semua yang udah mbantuin huahahaha.
Mungkin kalo niat aku akan bikin postingan sendiri tentang proses pengerjaan tugas akhir ini ~~

Well, selain target-target di atas, ada beberapa hal yang aku pelajari dari tahun 2014.
Aku merasa ada banyak perubahan yang terjadi sih selama satu tahun ini.
At the beginning of the year, I was still hating myself and hating others.
I still blamed myself for what happened.
Pernah ada masa dimana aku males banget kalo harus keluar rumah, ketemu sama orang, bersosialisasi basa-basi bahkan sama temen sendiri.
Pernah ada masa dimana aku marah banget ke diriku sendiri, dan saking frustasinya, aku marah ke orang lain.
Pernah ada masa dimana aku nggak bisa berhenti menyalahkan diriku sendiri.
Sampe akhirnya, aku juga nggak tau gimana, perasaan marah itu ilang gitu aja.
The phrase was right: time heals almost everything.
Aku sendiri nggak akan sadar kalo mas Irhash nggak nanya :))
Dari situ aku menyadari sesuatu.
Duluuuu banget, aku belajar bahwa in order to be happy with someone else (families, friends, lover) we need to be happy with ourselves first.
Tapi ternyata pelajaran itu belum lengkap makanya aku dapet pelajaran tambahan :’))
In order to be happy with ourselves, we need to love ourselves first.
Dan untuk bisa sayang sama diri sendiri itu stepnya banyak, dan macem-macem, dan pasti akan berbeda-beda buat setiap orang.
Mungkin aku lagi nggak beruntung aja karena it took a painful way for me to learn the lesson.
But that’s okay :)

Selain pelajaran tambahan tadi, yang jadi highlight dari 2014 adalah….. aku dipertemukan dan dikelilingi sama orang-orang super baik.
Sepanjang tahun ini, selalu ada bantuan, pertolongan, dorongan, semangat, dan kebaikan dari banyak banget orang.
Mulai dari totally random stranger, acquaintances, temen, sahabat, keluarga….
Beneran deh. Bersyukur banget :’)
Aku merasa Allah baik banget sama aku… lewat orang-orang yang aku sebutin di atas.
Dan kadang rasanya malu karena aku belum bisa jadi orang sebaik itu.
Mulai sekarang, bertekad seandainya dapet kebaikan dari seseorang, sebisa mungkin membalas kebaikan orang tersebut dan meneruskan kebaikan itu ke orang lain, sekecil apapun itu.
Karena bisa aja satu kebaikan kecil yang kita lakukan itu sangat berarti buat orang lain.
Everyone is fighting a battle we know nothing about.
So just be nice and be kind, always :)

Walaupun 2014 banyak masa-masa stresnya, 2014 tetep jadi tahun yang super menyenangkan dengan banyak kenangan kok :))
Makasih buat Zedd yang udah bikin 4 bulan terakhir di 2014 jadi lebih berwarna.

Selamat tahun baru ya semua :)

Advertisements