Clinical Clerkship Day 2: CABG Surgery

by Ofi Zukhrufia

Finally weekend!
Lagi gabut banget di dorm ya Allah akakaka kalo gabut gini kangen rumah deh.
Kangen orang rumah sih, kangen banget sama mama sama ayah huhu.
Kangen makanan rumah, kangen makanannya pasar tiban aaakkkk :|
Yah emang belom pernah jadi anak rantau sama sekali sih :|
Gapapa deh belajar :|

Pengen cerita kemaren pas hari kedua di RS.
Di sini aku keterima di departemen Cardio Surgery, Alhamdulillah keterimanya di pilihan pertama.
Kenapa pilih cardio surgery?
Well, simpel sih. Takutnya kalo ambil oncology atau internal medicine, orang-orang pada ngomong pake bahasa Kroasia dan ga mudeng -_-
Mending pilih surgery aja yang bisa dipelajarin sambil dilihat atau dipraktekkan :D

Di departemenku ada 3 orang dokter bedah dan 1 orang residen.
Ada satu dokter yang baiiiiiiikkkk banget sama aku Alhamdulillah ya Allah Engkau pertemukan aku dengan orang-orang baik :”)

Kemarin hari kedua itu ada operasi CABG (coronary artery bypass grafting).
Aku ngomong ke beliau (yang pak dokter super baik itu) kalau aku pengen lihat operasinya, dan beliau sangat-sangat welcome.
Kupikir yaudah kan aku cuma bakalan observasi aja.
Tau-tau pas udah sampe ruang operasi, disuruh scrubbing!!!!!!
Huaaa aku kaget banget, beliau nanya aku udah diajarin belom caranya aseptik, aku bilang udah dan beliau nyuruh aku buat scrubbing. OMG. OMG. OMG.

Udah mulai nervous, tapi tetep mencoba tenang dan nginget-nginget caranya aseptik.
Ketika aseptik beliau sempet nanya, “You’re not gonna faint, right?” ahahaha tenang dookk siap kokkkk.
Selesai aseptik, dipakein gown dan gloves. OMGGGGG.

Jadi ada dua dokter, yang satu dokter super baik tadi sebagai head surgeon, dan yang satu lagi dokter yang nge-graft si savena magna buat nantinya dijadiin bypass (sorry, this post contains lot of medical talks).
Dan operasinya pun dimulai.

Pertama yang dilakuin tuh median sternotomy, duh ngilu banget waktu liat si sternum digergaji gitu -_-
Aku sih ga masalah liat jantung, usus, atau darah yang banyak.
Tapi kalo liat tulang digergaji atau fraktur gitu rasanya langsung super ngilu -_- (ga cocok jadi dokter orthopedi)
Oke lanjut, selesai sternotomy, beliau menghentikan perdarahannya pake cauter.
Baunya itu lhoooooo, kayak bau daging gosong .__.
But I managed to survive somehow .__.

Selesai menghentikan perdarahannya, dokternya mulai motong sisa thymus.
Yaa karena emang ga ada gunanya juga sih di orang dewasa dan kayanya bakalan ngeganggu operasi.
Habis itu motong pericardium dan…… keliatanlah si jantung.

Subhanallah banget waktu itu seneng banget bisa lihat jantung manusia (literally jantung manusia) secara langsung dan berdetak gituuuuu!! Super excited!!!
Habis itu dokternya nyuruh aku untuk lihat dokter yang satunya yang lagi mau motong savena magna.

Dokter yang lagi nge-graft si savena magna ini motongnya dari distal ke proximal, setiap ada percabangan dikasih klip dulu supaya darahnya nggak bocor.
Aku cuma takjub aja betapa cepetnya beliau motong dan njahit….
Yah beliau udah berapa tahun kan jadi dokter bedah #janganberkecilhati

Oiya, pas operasi kali ini mereka pake metode yang cardiopulmonary bypass machine, jadi masukkin tube gitu ke aorta sama atrium kanan, jadi ntar darahnya dialirin ke mesin yang nggantiin kerja jantung, supaya jantungnya bisa berhenti berdetak dan bypass bisa dilakuin. Pasiennya butuh 3 bypass, jadi bakal makan waktu lumayan lama.

Selesai persiapan, yaitu savena magna udah diambil, tube semua udah dipasang, mulai deh operasinya.
Pertama dinyalain dulu tuh cardiopulmonary bypass machine-nya, trus dikasih cairan dengan konsentrasi kalium tinggi jadinya jantung dalam keadaan hyperkalemia dan jantung berhenti berdetak (coba search tentang cardioplegi).
Ketika jantung udah berhenti berdetak, dimulai deh pasang bypassnya.
Ketika mereka mulai masang bypass, aku yang tadinya cuma diem aja dan ngeliatin mereka berdua dimintain tolong OMGGGG.
Bahkan meskipun cuma dimintain tolong megangin klem, atau pinset, atau retraktor itu rasanya udah excited bangeeetttt ahahahaha.
Sampe tiba-tiba dokternya minta tolong buat megangin jantungnya!!!!
KYAAAAAA.

Well, saking excitednya, mungkin sampe keliatan kali ya dari ekspresi mataku, dan beliau bilang “Don’t get too excited about holding a heart. Just don’t move.” Akakaka.
Gila badan langsung kaku semua rasanya nggak berani bergerak satu milimeter sama sekali.
Pokoknya aku konsentrasi banget buat megangin si jantung ahahaha.
But it was an awesome feeling indeed!!!!!!!

Tapi operasinya lama banget, dan waktu menjelang bypass yang ketiga aku dah sempet rada ga konsen gitu dan tau-tau si jantung udah berdetak lagi gitu padahal masih ada satu bypass lagi.
Ketika bypass yang terakhir ini aku dimintain tolong lagi untuk megang jantungnya.
Jadi kali ini aku megang jantung yang berdetak saudara-saudara!!!!!
Dan ternyata jantung kita ini berdetaknya kuat banget .___. (yaiyalaaaahhhh)

Ya pokoknya intinya adalah bersyukur banget bisa ketemu dokter-dokter yang super baik, bisa dapet kesempatan untuk belajar banyak ilmu. Alhamdulillah :) Allah memang Maha Luar Biasa Baik :)

Starting from now, whenever I have a bad day I’m just gonna remember that I am still young but I once hold someone’s heart while it was beating, and it felt more than awesome ;)

