Note To Self.

by Ofi Zukhrufia

Tiba-tiba pengen sharing isi ceramah yang aku denger beberapa hari yang lalu.
Yah biar blog ini isinya agak bermutu gitu, nggak cuma personal life dan kegalauanku huahaha ._.v
Lupa sih denger ceramahnya di masjid atau di TV, kayanya di TV deh sambil sahur hahaha.

Jadi, pak ustadznya waktu itu cerita bagaimana salah seorang sahabat nabi (dan juga salah satu tokoh favoritku), yaitu Ali bin Abi Thalib RA meninggal dunia.
Rupanya beliau dibunuh oleh Abdurrahman bin Muljam, seorang Muslim juga namun Abdurrahman adalah seseorang dari golongan pembangkang.
Kenapa Abdurrahman membunuh Ali, sebab Abdurrahman berpikir bahwa dirinya lebih baik daripada Ali.

Setelah bilang begitu, pak ustadz kemudian bilang “Itulah yang akan terjadi ketika seorang Muslim merasa dirinya lebih baik daripada Muslim yang lain. Akan ada pertumpahan darah.
Pas denger itu kaya jleb banget yaaa.
Aku mengakui kalau pasti pernah lah ya, sekali, dua kali, beberapa kali, ngerasa lebih baik daripada orang lain.
Ngerasa lebih pinter, lebih rajin, lebih bisa.
Parahnya lagi, ngerasa lebih alim, ngerasa lebih banyak amal ibadahnya, Astaghfirullah.
Sombong banget :(
Mana tau kan orang yang kayanya main-main terus eh kalo malem tahajjud sama ngaji?
Mana tau kan orang yang kayanya bentuknya selengekan, eh hafalan Qur’annya bagus?
Yang tahu seberapa kuat iman kita dan seberapa besar tingkat ketakwaan kita kan ya cuma Allah.
Rasulullah SAW aja pernah bilang

Tidak akan masuk surga orang yang di hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi” (HR Muslim)

Hoaaaa :|
Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang seperti itu yaa.
Yah, sebenernya pengen sharing ini doang sih, buat pengingat ke diri sendiri, jangan sombong.
Orang manusia itu makhluk yang lemah kok -____- Kok masih mau sombong.
Semoga bermanfaat :)

Advertisements