Munas Jamnas PTBMMKI 2012

by Ofi Zukhrufia

Sejujurnya, ini adalah postingan yang tertunda.
Tertunda karena ujian blok.
Tertunda karena rapat PPSMB.
Tertunda karena liburan.
Tertunda karena persiapan OSCE.
Dan tertunda karena saking banyaknya cerita, sampe bingung harus mulai darimana.

Jadi ceritanya, calon angkatan 21nya Panacea dikumpulin, dan dimintain tolong untuk magang jadi panitia di salah satu acara nasionalnya PTBMMKI, dimana UGM jadi hostnya.
Acaranya itu Musyawarah Nasional-Jambore Nasional PTBMMKI 2012 (biasanya disingkat munasjamnas ato munjam)
Ngomongnya sih diminta magang sebagai salah satu bentuk seleksi anggota baru, hahaw :p
Awalnya aku pilih sie acara opening, tapi nggak keterima -_____-
Kelempar di pilihan kedua yaitu….. DEKDOK :))))
Padahal tau sendiri kreativitasku itu 0, kalo nggak bisa dibilang minus .___.
Waktu itu pilih dekdok emang modal nekat aja, bermodalkan bisa sedikit2lah yaaaa dokumentasi :p
Dan ternyata di dekdok ada Fariz :D

Pertama kali ndekor, di markas, sabtu-sabtu.
Jebule dekore akeh -_____-
Thanks to koor dekor yang super kreatif, mba Galuh sama ka Tata yang bikin kerjaan dekor jadi banyak wakakakaka.
Tugas dekor paling banyak di Opening Party.
Pertama kali tuh bikin lampion dari kertas merah sama mika merah.
Trus lanjut…. Sampe udah ga ngerti lagi berapa kali ke kampus, sabtu-sabtu cuma buat ndekor.
Trus bikin lampion dari kawat sama kertas minyak.
Trus lampion dari bola plastik, tapi yang bikin kak Cenie sih.
Trus tulisan ‘munas jamnas’ dari gabus yang kudu dicat motif batik.
Trus lampu berbentuk huruf ‘MUNJAM’. Omagaaahhh.
Untung yang bikin itu mba Galuh sama ka Tata :p
Trus papan nama yang dipake buat munas.
Sampe hapal nama-nama TBMnya, hahaha.
Semacam calcaneus, humerus, axis, dll.
Emang sih sempet suatu saat tuh kayak bosen gitu, masak ngedekor mulu.
Tapi…..

Pas udah hari H, excited banget!!!!!
Sabtu pagi acaranya seminar nasional.
Pas itu anak-anak dekor pada siap-siap.
Sorenya start ngedekor.
Aku pulang, ganti baju (soalnya dresscode panitia baju adat cuy), balik lagi ke kampus.
Pas udah maghrib gitu, dan lilin yang di jalan menuju audit udah nyala, lampion udah dipasang, lampu ‘MUNJAM’ juga udah dipasang……
AAAA itu seneng banget tau :’))))
Super excited liat dekornya canggihhhhhhhh.
Seneng :’DDD


backdrop, dekorasi makan malam, lampu ‘munjam’

Malem itu aku ga dapet shift buat dokumentasi, jadi cuma ngale-ale aja selama acara, pokoknya tanggung jawab di dekornya.
Trus malah sibuk poto-poto sama panitia lain #eaaaa
Pokoknya opening party nya seru banget!
Nyuruh seseorang dateng tapi dianya ga dateng, huuu.
Eh tapi mba Oca, menteriku, dateng :)))
Setelah acara selesai, beres-beres, trus pulang.

Besoknya, kan minggu, paginya peserta ada pra-jamnas.
Siangnya mereka ada baksos di Srimartani.
Aku dapet jatah ke Srimartani, sama Fariz.
Tapi aku sebagai pemandu bukan sebagai dokumentasi :<
Itu pertama kalinya aku ke Srimartani lho *malu*
Udah gitu pas berangkat aku sama Fariz nyasar, kita kebablasan :))))
Setelah nanya sama orang, baru deh nemu lokasinya.
Trus acara dimulai, aku mandu dua orang, yang satu cowok dari UNS, yang satunya cewek dari UNMUL.
Si kakak cewek ngga bisa bahasa jawa dan lucu aja gitu liat mbaknya beberapa kali bingung waktu wawancara warga dan warganya jawab pake bahasa jawa :))
Kita di Srimartani sampe maghrib, trus maghribnya turun.

tim dekdok baksos

Besoknya, acaranya udah munas.
Tapi aku sama Fariz libur, kita nggak ada shift dokumentasi.
Kita dokumentasi baru hari kedua munas.
Munasnya di Taman Eden Kaliurang yang atas.
Lagi-lagi, melanglang buana sama Fariz :))
Pas nyampe di Eden, pesertanya lagi pada sidang komisi.
Trus… Awalnya bingung mau dokumentasi apa.
Tapi trus nemu objek buat didokumentasikan #ups
Setelah sidang komisi, sidang yang besar.
Aku sama Fariz di belakang malah poto-poto sendiri wakakaka.
Trus, Fariz mau turun karena dia ada pertemuan sama DPA.
Aku stay di Eden.
Awalnya si Fariz ngelarang aku turun sendiri gitu, hwahahaha so sweet ya dia :p
Tapi yaudah sih aku cewek tangguh B-)
Pas Fariz turun, peserta lagi pada istirahat makan.
Trus aku ngale-ale di kamar panitia.
Kamarnya pewe bangetttttt banget banget banget.
Dinginnya Kaliurang dan empuknya kasur.
Pokoknya bikin mager.
Habis acara mulai, dokumentasi lagi.
Tapi sebelum ashar, aku turun, soalnya di kampus ada rapat funbike -..-

piye iki anak dokumentasi malah poto-poto dewe :))

Hari berikutnya, acaranya udah ganti jamnas di Turgo.
Aku dokumentasi di hari kedua jamnas.
Agendanya sih waktu itu ndiriin tenda, sama latian gitu.
Ada yang dapet materi dapur umum.
Ada yang dapet materi rumah sakit darurat.
Seruuuu Turgo tempatnya enak, adem :}
Jadi pengen ikutan juga sebagai peserta, bukan panitia ~.~
Trus, kejadian paling idiot -_____-
Dibohongin mas Ghandi!!!!! Grrrr -….-
Saking begonya kejadian itu, aku ga mau cerita disini :/
Siang siang turun, malemnya balik lagi ke Turgo buat jadi korban simulasi.
Nah, ini nih acara terseru selama munasjamnas :)))))

Jadi, panitia ngadain simulasi bencana gitu.
Ceritanya merapi meletus.
Seharusnya sih pesertanya ga tau kalo mau ada simulasi, tapi kata mas Ghandi infonya udah bocor jadi peserta udah siap-siap gitu.
Karena ini simulasi gede-gedean, butuh korban yang banyak, sekitar 60an orang.
Panitia diminta buat bantu jadi korban simulasi.
Beneran ada skenarionya lho.
Dan beneran didandani kayak korban.
Aku pilih skenario open fracture tangan kanan, sama closed fracture tangan kiri.
Kalo di triase, harusnya aku dapet kartu ijo (walking wounded).
Trus aku didandani pake ranting gitu, ceritanya sih itu tulang yang menonjol, kan open fracture.
Tapi mungkin karena aktingku terlalu meyakinkan kali ya :)))
Harusnya aku dikasih pertolongan pertama aja, dihentiin pendarahannya sama dibidai, trus selese.
Tapi peserta yang nolongin aku tuh kayak serius banget gitu, aku disuruh tiduran, dibawa ke rumah sakit darurat, diinfus.
Wakakakaka.
Padahal harusnya nggak usah -..-
Tapi gapapa.
Aku sih seneng-seneng aja digotong gitu :))
Trus liat peserta mukanya pada nggak karuan :))
Hiburan banget deh pokoknya :))

Kalo dari evaluasinya sih, triasenya kacau.
Emang sih, aku ga dapet kartu triase, makanya pas mau dikasih tindakan pada bingung, ini mbaknya statusnya apa.
Trus ada yang langsung nyeletuk ‘kuning’ :))
Ya aku sih diem aja :p
Lucu-lucu deh pokoknyaaaaa :)))

Sekitar waktu subuh, acaranya selesai.
Pesertanya istirahat, panitia turun.
Dan bayangpun aku, Fariz, Nisa sama Hancin ada skillsleb jam 9!
Nyampe skillsleb mata masih separo merem, sampe Nadira komentar ‘Yaampun aku kasian liat kalian, capek banget ya?’
Ga capek sih tapi ngantuk, tapi worthed kok :)))

Besoknyaaa, hari terakhir munasjamnas :<
Acaranya tinggal city tour sama closing.
Aku ga ikut city tour, yang ikut Fariz.
Aku di kampus persiapan dekor.
Closingnya di resto deket purawisata, karena tempatnya udah oke, jadi dekornya ga terlalu ribet.
Cuma pake dekor yang ada waktu opening :p
Acaranya… Biasa aja sih.
Ada pertunjukan, ngasih kenang-kenangan dari tiap TBM.
Acara terserunya itu di akhir :’ )))
Nerbangin lampion terbang!
Panitia udah nyiapin lampion terbang.
Tiap lampion untuk empat orang.
Nanti kita nulis harapan kita di lampion itu.
Trus diterbangin.
Dan itu bagus bangeeetttt aaaa bagus bangeeeettttt :’))))
Waktu lampionnya udah pada terbang, itu kayak klimaksnya.
Klimaks dari semua acara munas jamnas.
Aaaaa aaaaaaaaaa.

lampion terbang :’)

Sejujurnya, acara ini berkesan banget buat aku.
Dan begonya, aku ga nanya komentar peserta gimana :|
Maksudku, sebagai panitia aja acara ini berkesan, apalagi sebagai pesertanya.
Walaupun belum tentu sih ya, tapi aku berharap seenggaknya acara ini membekas di hati peserta sama kayak acara ini membekas dihatiku (omagah bahasaku alay banget-___-)

Kenapa akhirnya aku baru nulis ini sekarang.
Karena aku kangen aaaaa.
Kemaren malem, niatnya mau ngehapusin sms karena udah penuh banget.
Malah nemu smsnya Fariz di jaman munjam.
Pas kita janjian mau ke Srimartani, ke Eden, ke Turgo.
Trus jadi kangeeeeeeeeennn :’))))))

 

ini dia superteam dekorasi dan dokumentasi yang kece punya  :’)

 

 

