Evakuasi Diklatsar TBMM Panacea 2012

by Ofi Zukhrufia

Hai haiiiiii! di beberapa postingan sebelumnya aku udah bilang kan kalo aku ikut acara
Pendidikan dan Pelatihan SAR yang diadain sama
Tim Bantuan Medis Mahasiswa di fakultasku.
ada tiga rangkaian acara, yaitu kuliah umum, evaluasi sama evakuasi.
nah malem minggu kemaren itu acara yang terakhir yaitu evakuasi :D
it was totally awesome!! :D

Jadi kalo yang kuliah umum itu ya cuma lecture biasa, di ruang kuliah, dikasih materi tentang gimana menangani situasi-situasi tertentu, misal asma, epilepsi, keracunan, pingsan dll. trus kan kelompok-kelompok gitu, nah tiap kelompok ada dua orang pemandu. nanti setelah lecture bakalan ada kepemanduan, jadi di kepemanduan itu kita praktek apa yang udah kita pelajari di lecture. trus evaluasi itu ya evaluasi apa yang udah kita pelajari. jadi pos-posan gitu, tiap pos ada satu materi yang harus dilakukan, tempatnya di FK. naaaahhh… terus evakuasi deh :D

Untuk persiapan evakuasi, tiap kelompok disuruh bikin dragbar atau tandu.
bikinnya itu penuh perjuangan bangeeeeeeettttt -,-
jadi dibikinnya dari bambu yang dibentuk persegi panjang, diiket di masing-masing sudutnya, terus kita bikin tali gitu tengah-tengahnya. ya pada ngerti semua kan yaaaa.
bikinnya tuh gak bisa asal-asalan, kenapa? soalnya dragbar yang udah jadi bakalan dicek sama kakak-kakak TBMM, trus dites. kalo dragbarnya gak lolos tes…… kita harus NGULANG.
bayangpun!!!! ngulang bikin dragbar, capek banget lho bikinnya -_-

Kalo nggak salah, seminggu itu full ngurusin dragbar. yaa seru sih, jadi ada cerita gitu karena perjuangan yang segitu beratnya. waktu bikin juga kita dibantuin sama Fariz sama Albi, cowok-cowok super 26 :3
terus kita cewek-cewek juga bikin lhoo. nggak bikin rangkanya sih, bikin talinya doang. tapi itu juga penuh perjuangan -.-
rangkanya kita dibantuin. nah waktu mau dicek sama kakaknya, kita (aku, Nisa, Nadira, Hanum, Hancin) udah teriak-teriak heboh gituuu, sampe tiba-tiba si Hanum bilang, “kak ini namanya Joko kak! dia kuat kak, tapi dia bisa mengeluarkan suara, ini Joko sedang bernyanyi” huahahahaha parah banget, soalnya si Joko emang bunyi gitu kalo digoyang-goyang. terus sejak saat itu kita manggil dragbar kita Joko :)))))) (no offense lho buat yang namanya Joko)
sampe ada salah satu kakak TBMM yang hafal sama kelompokku gara-gara kita namain dragbar kita :))
pokoknya seru lah!

Trus trusss, evakuasinya. aku nggak mau cerita terlalu spesifik, kali aja ada anak 2012 yang nemu blogku terus dia jadi tau, kan kurang seru.
pokoknya kita lewat tempat-tempat yang gak bakal kita lewatin kalo ga ikut diklatsar.
kita lewat gorong-gorong di depan FKG, nyusurin hutan dan nyeberang sungai di belakang Teknik, lewat gorong-gorong/selokannya Perikanan, super! lari-lari sambil bawa dragbar, trus ada perang-perangan juga semacam water war, manjat-manjat pagernya Teknik, MIPA, wah pokoknya seru! dan begadang semaleman. mulai berangkat jam 8 malem, sampe di FK lagi jam 4 pagi. a-we-so-me!

Besoknya, aku tepar 16 jam -_______-
aku tidur dari jam 10 pagi, bangun jam 6 sore.
cuma sholat maghrib sama sholat isya, trus tidur lagi sampe jam 5 pagi.
bangun-bangun rasanya kayak disorientasi, circadian rhythm-ku hancur -_______-
soalnya emang beneran capek bangeetttttttt.
kaki kiri bengkak, lutut kanan kiri luka-luka, tangan kanan-kiri pegel-pegel sampe sekarang.
tapi Alhamdulillah udah seger, cuma tinggal pegel-pegelnya doang.

Kemaren kakak ketua diklatsar bilang kalo ditklatsar itu salah satu pengalaman yang paling berkesan buat dia.
I definitely agree :)

Advertisements