Iwan Fals Live in Concert

by Ofi Zukhrufia

hari Sabtu tanggal 18 Februari kemaren, om Iwan konser di Jogja.
tepatnya di Pacific Place jalan Magelang.
aku, mama sama ayah nonton bertiga.
ketemu beberapa temen-temennya mama kuliah.

acara mulai jam 8 malem, dan gak ngaret loh, hahaha.
sekitar jam 8.04 om Iwan naik ke panggung, dan dia mbawain tembang dari Ranggawarsita, tapi aku nggak tau judulnya apa.
mungkin karena konser di Jogja kali ya, hoho.

terus dia cerita-cerita sedikit. tapi dia keliatan masih agak grogi dan bingung nyusun kata-kata, akhirnya dia cuma bilang, “wes nyanyi wae yo?

lagu pertama, Jendela Kelas.
penonton yang duduk di bagian kelas 1 sama kelas 2 langsung serempak ikut nyanyi.
yang di vvip malah nggak begitu kedengeran :o

lagu kedua, Mata Indah Bola Pingpong.
penonton langsung riuh. lagu ini lumayan bikin penonton ‘panas’.

terus dia cerita-cerita lagi. dulu dia sempet tinggal di Jogja waktu SMP. sekolahnya di SMP 6.
dia tinggal kira-kira satu semester. pas lagi cerita-cerita, ada penonton yang teriak “kesuwen!” dan semua ketawa :))))) sambil ketawa, om Iwan bilang, “yaudah lagu berikutnya, judulnya kesuwen“. terus dia nyanyi Buku Ini Aku Pinjam.

pas lagu yang keempat, Ujung Aspal Pondok Gede, dia nyanyi sambil main harmonika.
suara harmonika tuh emang khas ya. bagus pokoknya.

lagu berikutnya juga sukses bikin heboh penonton. Guru Oemar Bakri.
kayaknya seisi Grand Pacific Hall langsung ikut nyanyi semua :))
tapi lagunya emang lucu sih :3 salah satu lagu favoritku :3

setelah nyanyi Oemar Bakri, dia cerita-cerita lagi. dia bilang, kali ini tentang rumah sakit.
aku tau itu lagunya yang mana cuma lupa judulnya, pokoknya ada ambulans-nya. ternyata judulnya Ambulans Zigzag. pas lirik yang “hay modar aku, hay modar aku” aku nggumun, suaranya keren bangetttttttttttt. banget banget banget! padahal kan wes tuwo -_-

terus, dia nyanyi Ibu. dan yang ini juga keren bangeeettt. suaranya itu lhooooooooo.
I mean, panggungnya Pacific Place itu sederhana banget, dekorasinya juga sederhana.
tapi konsernya tetep keren. kenapa? karena om Iwan-nya.

selesai nyanyi, dia cerita lagi. dulu dia tinggal di Bumijo Lor waktu di Jogja.
katanya kadang sering bolos sekolah, dan main-main ke stasiun. aku langsung tau dia mau nyanyi apa. Kereta Tiba Pukul Berapa. dan hampir semua lagu penonton ikut nyanyi, gak terkecuali yang ini. pas di bagian yang cuma kedengeran musik doang, sambil senyum om Iwan niruin pedagang asongan, “endog asin endog asin!

terus seingetku dia langsung nyambung sama suatu lagu yang aku nggak tau judulnya -_-

sehabis itu, dia nyanyi Kumenanti Seorang Kekasih. di awal dia cerita kalo dari rombongannya, cuma drummernya yang nggak punya kekasih :))) yang lainnya udah punya. di tengah-tengah nyanyi pun dia teriak, “yang jomblo ngacung!” untung aku udah nggak perlu ngacung pas itu, udah nggak kesindir :p

lagu berikutnya, Aku Sayang Kamu. dia bilang lagu ini dibikin pas jaman pacaran sama istrinya. ah, how sweet :3 yang ngeselin, di depanku ada mas-mbak yang kayaknya sih pacaran, dan langsung rangkul-rangkulan -_- (ceritanya iri)

terus, Pesawat Tempur. pas lagu ini lightingnya oke banget, soalnya lagunya emang nge-beat kan. jadi suasananya makin kece. pas lirik yang “beri hamba uang” ada penonton yang maju ngasih duit lima ribuan. sama Iwan diambil dan ditempel ke jidatnya :)))

pas selesai lagu ini, suasananya tuh udah mulai naik, udah lebih panas lah, udah hampir sampai puncak. dan dari gitar yang rythm, tiba-tiba terdengar musik awalannya Bento. wohooo! penonton makin heboh :))
dan di lagu ini juga ada pertunjukan dari drummernya. keren. pas di akhir-akhir, dia mukul cymbal pake kepala! #epicdrummerisepic mungkin kalo konser rock biasa kali ya :B
ato om Iwan itu genrenya termasuk rock? :B soalnya aku juga bingung sih -.-

oiya, ternya om Iwan kalo mau manggung selalu nanem pohon dulu.
katanya pas di Jogja dia nanem di daerah deket rumahnya mbah Maridjan. beliau emang bilang sih kalo kita nggak bisa hidup tanpa oksigen. dia juga sempet nyanyi Pohon Untuk Kehidupan.

masih ada beberapa lagu lagi, tapi aku udah capek nulis -.-
pokoknya konser kemaren ditutup dengan lagu Kemesraan.
emang cocok sih lagunya buat pendinginan.

here are the photos;

sayang sekali nggak sempet foto bareng :(
sebenernya aku kurang puas sih, kurang lama!!!!!! tapi yaudahlah, pengalaman baru juga :D

