PPSMB Fakultas Kedokteran UGM 2011

by Ofi Zukhrufia

apaan tuh PPSMB? PPSMB itu……. Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru.
yah namanya juga maba yah, banyaaaak banget acaranya. mungkin istilah gaulnya PPSMB itu ospek kali yaaahh. (duh sori kebanyakan ‘yah’, ketularan Syahrini)

mau ceritaaaaa tentang PPSMBnya Fak. Kedokteran UGM 2011 :)
hari ke 0, itu Technical Meeting ato TM. aku kumpul dulu sama kelompok PPSMBku, aku dapet kelompok 45, bareng sama Oli Nina Fuad Dika (Pend. Dokter reguler) Eri Eka (Ilmu Keperawatan) Mia Lina (Gizi Kesehatan) Mahen Dayang (Pend. Dokter inter). Pelita kelompokku namanya kak Hafid (IK 2009) sama kak Dian (PD 2010) :D
kita kumpul di depan gedung pascasarjana, trus ya perkenalan gitu, trus ada tes psikologi gitu dari. habis ituuu masuk ke RK Audit FK lantai paling atas sendiri. lumayan loh naik tangganya loh. naaaaah pas disana udah ada panitianya gituuuu. trus ada Panglima (ehem) masuk, mereka mbacain peraturan tentang apa aja yang gaboleh dan boleh selama PPSMB. truuuuuus ada kakak2 Primadona, mereka ngasih tugas buat besoknya. tugasnya ga begitu banyak siiiih, tapi tetep aja kita nggarapnya lama .___. selesai ngasih tugas dan juga TM, kelompokku langsung cus ke koperasi FK buat beli bahan2, habis itu nggarap di rumah Eri di jakal. oya, kelompokku dapet nama VESICA URINARIA -______-

tugasnya cuma name tag, badge Prophase (nama PPSMBnya) sama badge kelompok, tas kelompok, buku buat tugas dan catatan harian, sama essay. dikit kan? tapiiiii tetep aja jam 10 malem baru selesai nggarap, aku nyampe rumah sekitar jam setengah 11an –” habis itu mandiii, trus nggarap essay, trus sekitar jam 12an gitu tidur. besoknya udah harus bangun pagi lagiii, karena jam 5.45 udah harus ada di FK.

trus pas hari pertama… habis apel di FK, ada upacara penyambutan maba di GSP. kita jalan bareng satu fakultas ke GSP. dan gilaaa itu panas bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttt nget ngettttttt. udah gitu ga keliatan lagi rektornya, ato siapa2 aja yang maju ke depan. jadinya bosen abis. dan itu adalah hari pertama aku haid jadi rasanya tulang selangkanganku kayak mau copot -____- tapi akhirnya selesai juga, trus balik ke fakultas. habis itu ada sesi, dibagi2 berapa kelompok di ruang apa, kelompok sekian di ruang apa. nah ada cerita waktu ini. waktu sesi aku ngantuk banget, habisnya kan duduk di ruang berAC gitu, silir enak, makanya aku ngantuk. aku sempet tidur di meja, trus bangun. truuuuuuuus tidur lagi. baru setengah jalan mau tidur aku dibangunin sama Nina&Dika, ternyata aku didatengin sama salah satu Panglima yang jaga di ruangan itu -____- pokoknya ditanyain nama, kelompok, kenapa kok tidur terus, masih kuat ga, kalo ega suruh cuci muka, blablabla. aku ngeles kan, sambil ngeliatin masnya. pas dia udah mau pergi, tetep tak liatin. eh dianya balik lagi sambil bilang “Hati-hati sama mata kamu ya Ofi” ngeeeeeeeek langsung anteng deh :| pas rampung sesi temen2 juga pada nanyain tadi aku diapain sama dia. ga diapa2in sih, ya cuma itu tadi. mana pas pulang dia juga marahin Ninaaaa, dan sejak saat itu kelompokku kalo manggil dia, nyebutnya mas jackpot, soalnya gatau namanya siapa :B yang berkesan di hari pertama ituuuu…. ceritanya ka Fadli tentang ayam dan elang. udah sih kayaknya itu doang. sama pengalaman sama mas jackpot itu tadi .___. yah setelah dikasih tugas buat hari kedua, kita cus lagi ke rumah Eri buat nggarap tugasnya.

tugas buat hari kedua itu lumayan seruuu, disuruh bikin life mapping selama empat tahun di FK, jadi nggambar-nggambar gitu deeeh :D tapi tetep aja sampe malem lagi, sama lah kayak kemaren jam 11an nyampe rumah. oiya, dan kita juga bikin yel yel kelompok. kerena kita kelompok 45, kita pake nada lagu 17 Agustus deh :p sama nada tepuk anak sholeh :)))

(nada 17 Agustus)

kami datang dari kelompok 45
bersemangat mengikuti ppsmb
bersama-sama
kerjakan tugas
inilah kami kelompok 45
empaaat liimaa

(nada tepuk anak sholeh)

empat lima!
kami (plok plok plok)
empat lima (plok plok plok)
ganteng ganteng (plok plok plok)
cantik cantik (plok plok plok)
apalagi (plok plok plok)
Pelitanya! :D

trus nggarap essay, trus tidur. pas hari kedua, menurutku ini yang paling asik yah, soalnya sesinya ga mbosenin, trus sesi kedua ada gamesnya, ular tangga sama bikin poster. sayangnya pas kelompokku ada kesalahan teknis jadi ular tangganya ga seruuuuuu :( tapiiiiiiii kelompokku menang lomba poster! :D ahseeeeeeeeeeeeeeeeeeek :D itu hadiah buat kakak Pelita kita, uuuu :D setelah dikasih tugas, kita pulang. nggarap tugas buat hari ketiga. dan tugasnya spesial, karena ada tugas angkatan. tugas angkatannya itu perform medley lagu daerah dan juga tarian daerah seangkatan. ketua2 kelompok pada kumpul buat mbahas tugas angkatan, sedangkan anggotanya nggarap tugas kelompok buat besoknya. singkat cerita, persiapan buat tugas besok selesai. dan selesainya gasik loh, sekitar jam setengah 9 itu kita udah beres2 mau pulang. jam 9 dari rumah Eri dan sekitar setengah 10 nyampe rumah. seneng banget gilak jam segitu udah sampe rumah :)) trus mandi, trus niatnya mau nggarap essay, eh, ketiduran .______________.

dan tau nggak aku bangun jam berapa? jam 4.45 -_______- 15 menit buat nggarap essay sambil disuapin sarapan sama mama. trus jam 05.00 ganti baju, siap2 atribut, beli roti dll. jam 05.20 berangkat ke fakultas. kesimpulannya, aku ga mandi huahahahahaha. tapi temen2 sekelompok pada ga nyadar kok :p
hari ketiga itu kegiatannya juga asik, expo lembaga, jadi perkenalan organisasi yang ada di FK. gara2 itu aku jadi pengen ikut banyak. Medisina, BEM sama TBMM. pengen juga sih ikut CIMSA, tapi rada ga yakin :B
selain ituuuuuuu, yang berkesan itu tugas angkataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan :”””””DDDDDDDDD
ahihihi walopun ada salah2, walopun ada yang gak hapal, teteuuuup aja itu yang paling berkesan :””DD
setelah tugas angkatan, ada juga pemutaran video dari kakak Polaroid :D
truuuuuus ada waktu panitia. nah ini nih. gausah diceritain deh yaaaaa :p

PPSMB Fak. Kedokteran emang ga seberat teknik, ataupun fisipol. tapi menurutku pribadi, PPSMBnya ini bertujuan untuk mencerdaskan dan juga menyadarkan kalo kita2 ini calon tenaga kesehatan di masa depan. tetep berkesan kok :)

makasih yaaaa temen2 2011 dan juga kakak2 panitia :D

Advertisements