Book : Doctors by Erich Segal

by Ofi Zukhrufia

kemarin waktu libur puasa sama libur lebaran, aku beli novel ini. judulnya Doctors, pengarangnya namanya Erich Segal. tadi waktu searching gambarnya, ternyata buku ini pertama kali diterbitin tahun 1988 O_o pantes aja kok jadul banget ceritanya hahaha.

ini buku cerita tentang kehidupannya mahasiswa-mahasiswi Harvard Medical School tahun 1960an (kalo nggak salah, lupa) tokoh utamanya namanya Barney Livingston sama Laura Castellano, dan juga beberapa teman lain waktu kuliah di Harvard. ada Bennett Landsman, Seth Lazarus, Peter Wyman, Hank Dwyer, Lance Mortimer, sama Grete Andersen.

part awal cerita waktu Barney sama Laura masih kecil. mereka tetangga dan sahabatan, eh ternyata ketemu lagi waktu di Harvard. nggak begitu penting, jadi bisa di skip lah.

part kedua, kehidupan Harvard. hmm diceritainnya sih lebay gitu, mereka stress dan tertekan dan frustasi dan bahkan banyak yang bunuh diri karena nggak tahan sama tekanan kuliah. agak nakutin sih, tapi ya namanya novel, nggak lebay nggak laku.

part ketiga, kehidupan setelah mereka lulus. ini nih yang serem -,- Barney ambil spesialis Psikiatri dan dia jadi Psikiater. Laura ambil spesialis Pediatri. mereka tetep sahabatan dan masih sering curhat2an tentang kehidupan masing2. di part ini, cerita yang bikin nangis itu kisahnya Bennett :(( jadi Bennett ini orang kulit hitam, dan di jaman itu (entah tahun berapa) rasisme masih sangat sangat berlaku di Amerika. jadilah, walaupun dia dokter, orang-orang nggak percaya, bahkan saudara senegaranya sendiri ! Bennett ambil spesialisasi bedah, waktu diceritain gimana jagonya dia, aku jadi pengen jadi dokter bedah. kayaknya cool *___* (oke ini emang labil abis, tapi sumpah si Bennett ini keren). suatu ketika, dia lagi makan sama Barney di sebuah restoran. ada orang bego yang kesedak ayam kalkun, dan sebagai dokter, Barney sama Bennett langsung loncat lari buat nyelamatin orang itu. Bennett ambil pisau makan, dan dia nyoba melakukan pertolongan pertama sama tuh orang, tapi temen-temen dan keluarga si orang malah marah-marah karena Bennett ini kulit hitam, padahal mereka (baca: Barney sama Bennett) udah teriak-teriak kalo mereka ini dokter. keluarga si orang manggil polisi dan you know what ? tanpa tanya-tanya polisi-polisi ini ngehajar Bennett sampe pingsan :(( yang lebih menyedihkan, syaraf yang ada di tulang belakang Bennett rusak, dan dia nggak bisa jadi dokter bedah lagi….

bisa mbayangin nggak sih ? kamu dokter, kamu nolong orang tapi kamu malah dihajar dan karena itu kamu jadi nggak bisa jadi dokter lagi… gila, nangis aku waktu baca bagian ini -______-

nah sebenernya masih banyak cerita-ceritanya, tapi aku udah males ternyata -___- lagian kalo aku spoiler ceritanya jadi nggak seru kan huahahaha :))
overall, novelnya bagus kok ;)

Advertisements